Jumat, 18 Mei 2012

Menyeduh Susu Dengan Air Panas ?


Cara Tepat Menyeduh susu Formula


     Selama ini jika kita menyeduh susu cenderung menggunakan air panas, tujuannya agar bubuk susu lebih mudah larut dan mencair.  Kebiasaan menyeduh susu dengan air panas bersuhu tinggi banyak dilakukan orang. Padahal cara tersebut tidaklah benar karena suhu yang terlalu tinggi justru akan merusak protein di dalam susu.

Cara menyeduh susu yang benar adalah dengan menggunakan air yang tidak terlalu panas atau suhunya di bawah 70 derajat celsius.

"Jangan menuangkan air mendidih untuk bikin susu, karena bisa merusak kandungan proteinnya. Sebaiknya gunakan air hangat yang suhunya di bawah 70 derajat celsius," ujar dr Samuel Oentoro, MS, SpGK, ahli gizi klinik FKUI-RSCM dalam acara peluncuran Logo baru Frisian Flag dan Kampanye 'Raih Esokmu' di Ballroom Ritz Charlton, Jakarta, Jumat (10/12/2010).

dr Samuel menambahkan jika menggunakan air panas dari dispenser sebaiknya jangan langsung menuang air panas dalam susu lalu mencampur air dingin. Tapi air panas dan dingin dari dispenser dicampur terlebih dahulu baru air campurannya dibuat untuk menyeduh susu.

Begitu juga jika ingin menghangatkan susu yang dibeli dalam bentuk susu cair cukup dihangatkan sebentar saja tidak perlu sampai mendidih. Dan sebaiknya susu yang dibuat segera diminum, karena kalau dibiarkan akan memungkinkan terjadinya oksidasi.

"Simpanlah susu di tempat yang kedap udara dan tidak lembab, misalnya pada susu kaleng pasti sering di buka tutup, jadi sebaiknya disimpan di tempat yang tidak lembab untuk menghindari kontaminasi," ujar dokter yang berpraktek di di Semanggi Spesialist Clinic.
     Menyeduh susu dengan air panas sama saja dengan merusak vitamiinya, kebiasaan kita menuangkan air panas bersuhu tinggi pada saat pembuatan susu merupakan cara yang buruk karena semua vitamin akan terurai dan rusak pada saat kontak dengan suhu yang terlalu panas.
     Tidak banyak orang mengetahui hal sepele ini, susu yang harus nya diberikan ke buah hati kita dengan jumlah asupan vitamin yang kita inginkan ternyata hilang dan sis-sia karena penyeduhannya yang kurang tepat.
     Untuk itu ada 2 hal yang dapat kita lakukan:
1. Gunakan air hangat , hangat disini adalah hangat-hangat kuku dengan mendinginkan air terlebih dulu.
2. Tuangkan air dingin atau air dengan suhu ruangan pada bubuk atau cairan susu yang telah kita bubuhkan pada gelas sebelum kita tambahkan air panas kedalamnya. namun cara ini tidak akurat karena bisa jadi takaran antara air dingin dengan air panas yang kita tuang tidak tepat.


Sumber : di Ambil dari Majalah Selaras dan beberapa sumber lain

1 komentar: