Minggu, 01 April 2012

Contoh Latihan Case Study



CARILAH PASANGAN DAN KELUARGAMU “


Saya seorang guru disebuah SMP Negeri  didaerah Peesaan dikecamatan Wonopringgo, tepatnya Guru di SMP 2 Wonopringgo kabupaten Pekalongan,  beberapa tahun belakangan ini selalu mengalami masalah setiap mengajar dibulan puasa.Saat bulan puasa banyak anak yang kurang respek terhadap semua mata pelajaran ,anak cenderung malas dalam menerima materi pelajaran, dengan alasan ngantuk dan sebagainya.
Kebetulan pada saat itu saya mengajar kelas IX dengan materi Sistem ReProduksi, Saya berpikir keras bagaimana caranya agar pencapaain target ini dapat diterima siswa dengan cara mnyenangkan dan tidak membawa anak – anak untuk berpikir yang negative, karena biasanya kalau sudah mengajar materi system Reproduksi anak-anak selalu Ramai dan berpikir pada hal – hal yang negative. Otak saya mulai mencari Ide untuk dapat membuat anak senang dengan bermain.
Akhirnya saya menemukan ide, dengan judul carilah pasangan dan kelurgamu , saya membuat suatu undian dari kertas yang didalamnya sudah saya ketikkan kalimat-kalimat atau kata yang berhubungan dengan Alat-alat reproduksi baik pada pria maupun pada wanita, dan hal lainnya yang berhubungan  dengan system Reproduksi , dimana setiap 1 undian memiliki 1 pasangan berupa fungsinya atau sebaliknya.
Hingga pada suatu hari saya masuk dikelas IX A, seperti biasa pada jam pertama selama bulan puasa 15 menit kita gunakan dulu untuk Tadarus Al-Quran. Harapan kami dengan  terlebih dulu Tilawah Al-Quran  dapat mempermudah dalam proses belajar mengajar dan membuat Otak kita menjadi lebih Fress. Setelah anak – anak selesai membaca Al-Quran sayapun mulai dengan persiapan materi Tentang “system Reproduksi”. Sebelum saya berikan permainan yang saya rancang terlebih dulu saya beri Motivasi keanak. “ Anak – anak kalian dilahirkan Oleh siapa ?” Sebaian anak menjawab, ada yang bilang “ Ibu……” ada juga yang bilang “ orang Tua bu….” Dan sebagainya.” Bagus…..Bagus semuanya benar…”
Setelah saya memberikan motivasi saya ajak anak- anak untuk bermain terlebih dulu anak – anak saya terangkan bagaimana cara bermainnya. “ Anak-anak hari ini ibu akan ajak kalian untuk bermain mencari pasangan dan anggota keluagamu, nanti kalian setiap anak akan mendapatkan satu kupon undian ( gulungan nkertas nkecil ) yang didamnya sudah berisi tulisan baik itu satu kata atau kalimat yang masing – masing memiliki pasangan Contoh, kalian mendapat kertas dengan tulisan Testis, maka kalian harus mencari  pasangannya pada teman yang lain berupa fungsi Testis itu apa? Kelaspun mulai ramai ….ada yang masih kuarang paham dengan penjelasan tadi, saya pun mengulanggnya sekali lagi sehingga anak menjdi jelas. Namun saya bingung anak-anak kan belum mengenal semua alat-alat reproduksi bagaimana mereka bisa tahu funsi dari masing-masing alat reproduksi tersebut….dan materi  pada system reproduksi. Akhirnya saya menghimbau ke anak – anak agar membuka nuku paketnya.
Saya pun menyuruh anak – anak untuk mengambil undian yang sifatnya rahasia, setelah mendapatkan undian kelas menjadi ramai, ada yang langsung membaca, ada yang langsung mencari pasangannya karena mungkin sudah tahu, “ anak – anak bertanya kesana kemari ke teman-temannya siapa tahu itu pasangannya.Dikesempatan lain sementara anak sibuk saya menyiapkan tempat untuk kelompok  keluarga ,saya pasang ditembok 5 kertas manila yang bertuliskan 1. Untuk alat Reproduksi laki-laki dan fungsinya, 2. Alat reproduksi wanita dan fungsinya ,3.gangguan dan kelainan pada system reproduksi
Kemuadiasn saya menanyakan keanak apakah semua sudah mendapatkan pasangannya.? Anakpun menjawab “ Sudah……….., dengan kompak. “ Bagus……………….” Jawabnya saya memuji “ sekarang kalian mngelompok  berdasarkan kelompok pada papan kertas yang telah ibu sediakan ,Yang merasa alat reproduksi laki-laki menuju ke papan kertas yang bertuliskan alat-reproduksi laki2 jangan lupa dengan pasanganya. Begiutun pula untuk yang lainnya.  Kalau sudah mengelompok salah satu orang tunjuk sebagai sekretaris untuk menuliskan dikertas yang sudah ibu tempel.kemudian baca dan pahami oleh semua masi8ng-masing kelonpok.Dan setelah selesai kalian harus bertukar informasi dengan kelompok yang lain dengan cara berkunjung ke keolompok lain untuk membaca dan memahami yang yang dituliskan temannya tadi.  Setelah saya menerangkan apa yang harus dilakukan siswa, secara kompak anak-anak mulai berkerumun dipinggir tembok dan menuliskan yang ditugaskan,Saya pun mengamati satu persatu kelompok siswa, dan sambil saya beri pengarahan dan saya terangkan sedikit-sedikit diselingi dengan Tanya jawab, ternyata anak menjadi lebih aktif karena santai dan saya pastikan anak untuk menghafal  dan emahami apa yang sudah dibacanya.
Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu, sehingga 15 menit lagi mwndekati bel.Anak-anak apakah semua sudah membaca informasi yang ditukis masing-masing kelompok?Sudah bu…….Jawabnya kompak,” baiklah kalau begitu sekarang keluarkan buku tugas kalian, dan…coba  kalian tuliskan kembali informasi yang telah kalian baca tadi.Sebisanya, setelah itu bukunya dikumpulkan, paham….! “ paham bu…..” ada yang lupa bu…., tidak ingat semua bu…..” jawab mereka berebutan. Ya tidak apa-apa yang kalian ingat saja dulu nanti yang lainnya bisa kalian lengkapi setelah ibu koreksi.”
Anak-anak pun mulai mengerjakan apa yang saya tugaskan, ada yang langsung menulis ada yang masih bengong sambil berpikir dan lain sebagainya ,15 menit berlalu bel pergantian jam pun ber akhir…” Nah anak-anak waktunya sudah selesai , coba tugasnya dikumpulkan ya…sejadinya…… “ anak-anak mulai mengumpulkan masing-masing buku tugasnya.
Anak-anak materi hari ini ibu akhiri, kita lanjutkan diskusi nya pada  pertemuan yang akan datang.Wassalam mua’alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar