“ CARILAH PASANGAN DAN KELUARGAMU “
Saya seorang
guru disebuah SMP Negeri didaerah
Peesaan dikecamatan Wonopringgo, tepatnya Guru di SMP 2 Wonopringgo kabupaten
Pekalongan, beberapa tahun belakangan
ini selalu mengalami masalah setiap mengajar dibulan puasa.Saat bulan puasa
banyak anak yang kurang respek terhadap semua mata pelajaran ,anak cenderung
malas dalam menerima materi pelajaran, dengan alasan ngantuk dan sebagainya.
Kebetulan pada
saat itu saya mengajar kelas IX dengan materi Sistem ReProduksi, Saya berpikir
keras bagaimana caranya agar pencapaain target ini dapat diterima siswa dengan
cara mnyenangkan dan tidak membawa anak – anak untuk berpikir yang negative,
karena biasanya kalau sudah mengajar materi system Reproduksi anak-anak selalu
Ramai dan berpikir pada hal – hal yang negative. Otak saya mulai mencari Ide
untuk dapat membuat anak senang dengan bermain.
Akhirnya saya
menemukan ide, dengan judul carilah pasangan dan kelurgamu , saya membuat suatu
undian dari kertas yang didalamnya sudah saya ketikkan kalimat-kalimat atau
kata yang berhubungan dengan Alat-alat reproduksi baik pada pria maupun pada
wanita, dan hal lainnya yang berhubungan
dengan system Reproduksi , dimana setiap 1 undian memiliki 1 pasangan
berupa fungsinya atau sebaliknya.
Hingga pada
suatu hari saya masuk dikelas IX A, seperti biasa pada jam pertama selama bulan
puasa 15 menit kita gunakan dulu untuk Tadarus Al-Quran. Harapan kami
dengan terlebih dulu Tilawah Al-Quran dapat mempermudah dalam proses belajar
mengajar dan membuat Otak kita menjadi lebih Fress. Setelah anak – anak selesai
membaca Al-Quran sayapun mulai dengan persiapan materi Tentang “system
Reproduksi”. Sebelum saya berikan permainan yang saya rancang terlebih dulu
saya beri Motivasi keanak. “ Anak – anak kalian dilahirkan Oleh siapa ?”
Sebaian anak menjawab, ada yang bilang “ Ibu……” ada juga yang bilang “ orang
Tua bu….” Dan sebagainya.” Bagus…..Bagus semuanya benar…”
Setelah saya
memberikan motivasi saya ajak anak- anak untuk bermain terlebih dulu anak –
anak saya terangkan bagaimana cara bermainnya. “ Anak-anak hari ini ibu akan
ajak kalian untuk bermain mencari pasangan dan anggota keluagamu, nanti kalian
setiap anak akan mendapatkan satu kupon undian ( gulungan nkertas nkecil ) yang
didamnya sudah berisi tulisan baik itu satu kata atau kalimat yang masing –
masing memiliki pasangan Contoh, kalian mendapat kertas dengan tulisan Testis,
maka kalian harus mencari pasangannya
pada teman yang lain berupa fungsi Testis itu apa? Kelaspun mulai ramai ….ada
yang masih kuarang paham dengan penjelasan tadi, saya pun mengulanggnya sekali
lagi sehingga anak menjdi jelas. Namun saya bingung anak-anak kan belum
mengenal semua alat-alat reproduksi bagaimana mereka bisa tahu funsi dari
masing-masing alat reproduksi tersebut….dan materi pada system reproduksi. Akhirnya saya
menghimbau ke anak – anak agar membuka nuku paketnya.
Saya pun
menyuruh anak – anak untuk mengambil undian yang sifatnya rahasia, setelah
mendapatkan undian kelas menjadi ramai, ada yang langsung membaca, ada yang
langsung mencari pasangannya karena mungkin sudah tahu, “ anak – anak bertanya
kesana kemari ke teman-temannya siapa tahu itu pasangannya.Dikesempatan lain
sementara anak sibuk saya menyiapkan tempat untuk kelompok keluarga ,saya pasang ditembok 5 kertas
manila yang bertuliskan 1. Untuk alat Reproduksi laki-laki dan fungsinya, 2.
Alat reproduksi wanita dan fungsinya ,3.gangguan dan kelainan pada system reproduksi
Kemuadiasn saya
menanyakan keanak apakah semua sudah mendapatkan pasangannya.? Anakpun menjawab
“ Sudah……….., dengan kompak. “ Bagus……………….” Jawabnya saya memuji “ sekarang
kalian mngelompok berdasarkan kelompok pada
papan kertas yang telah ibu sediakan ,Yang merasa alat reproduksi laki-laki
menuju ke papan kertas yang bertuliskan alat-reproduksi laki2 jangan lupa
dengan pasanganya. Begiutun pula untuk yang lainnya. Kalau sudah mengelompok salah satu orang
tunjuk sebagai sekretaris untuk menuliskan dikertas yang sudah ibu tempel.kemudian
baca dan pahami oleh semua masi8ng-masing kelonpok.Dan setelah selesai kalian
harus bertukar informasi dengan kelompok yang lain dengan cara berkunjung ke
keolompok lain untuk membaca dan memahami yang yang dituliskan temannya tadi. Setelah saya menerangkan apa yang harus
dilakukan siswa, secara kompak anak-anak mulai berkerumun dipinggir tembok dan
menuliskan yang ditugaskan,Saya pun mengamati satu persatu kelompok siswa, dan
sambil saya beri pengarahan dan saya terangkan sedikit-sedikit diselingi dengan
Tanya jawab, ternyata anak menjadi lebih aktif karena santai dan saya pastikan
anak untuk menghafal dan emahami apa
yang sudah dibacanya.
Tidak terasa
waktu begitu cepat berlalu, sehingga 15 menit lagi mwndekati bel.Anak-anak
apakah semua sudah membaca informasi yang ditukis masing-masing kelompok?Sudah
bu…….Jawabnya kompak,” baiklah kalau begitu sekarang keluarkan buku tugas
kalian, dan…coba kalian tuliskan kembali
informasi yang telah kalian baca tadi.Sebisanya, setelah itu bukunya dikumpulkan,
paham….! “ paham bu…..” ada yang lupa bu…., tidak ingat semua bu…..” jawab
mereka berebutan. Ya tidak apa-apa yang kalian ingat saja dulu nanti yang
lainnya bisa kalian lengkapi setelah ibu koreksi.”
Anak-anak pun
mulai mengerjakan apa yang saya tugaskan, ada yang langsung menulis ada yang masih
bengong sambil berpikir dan lain sebagainya ,15 menit berlalu bel pergantian
jam pun ber akhir…” Nah anak-anak waktunya sudah selesai , coba tugasnya
dikumpulkan ya…sejadinya…… “ anak-anak mulai mengumpulkan masing-masing buku tugasnya.
Anak-anak materi
hari ini ibu akhiri, kita lanjutkan diskusi nya pada pertemuan yang akan datang.Wassalam
mua’alaikum wr.wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar