SIMULASI
SELEKSI ALAM
Oleh
: Dwi Rokhayati
anak aktif dan senang |
Saya seorang guru IPA disebuah SMP Negeri pinggiran, tepatnya di SMP 2 Wonopringgo,Kecamatan wonopringgo, kabupaten Pekalongan. Saat ini saya mengajar kelas VII dan kelasa IX. Mengajar kelas IX merupakan pengalaman kedua untuk saya yang pada waktu-waktu sebelumnya saya selalu mengajar kelas VII atau kelas VIII, sehingga bagi saya mengajar kelas IX merupakan suatu tantangan yang sangat berat ,karena kelas IX akan menghadapi Ujian Nasional,apalagi pada tahun pertama antara beban dan takut dalam menyampaikan materi agar sesuai dengan Standar Kelulusan bagi siswa
.
Pada hari
senin tanggal 18 Oktober adalah jadwal mengajar saya di kelas IX C, ditempat
kami pelajaran IPA di KTSP diberi muatan 6 jam pelajaran dalam satu minggu, hal
ini membuat saya berpikir keras bagaimana mengajar siswa agar tidak menjadi
Bosan dengan IPA .Dengan jadwal pelajaran berurutan membuat saya selalu berpikir untuk
mencari model-model pembelajaran agar anak mendapat hal – hal yang menarik dan
menyenangkan..
Pada hari ini
saya berencana akan melanjutkan materi tentang Kelangsungan hidup organisme
salah satunya akan saya sampaikan
tentang proses seleksi alam, saya bingung bagaimana agar anak paham dengan
proses terjadinya seleksi alam dan factor-faktor yang mempengaruhinya. saya
ingin mengajak anak untuk berpikir sendiri tentang konsep seleksi alam hingga
akhirnya saya ambil langkah berencana untuk mengajak anak melakukan eksperimen
melalui simulasi.Bel istirahat pertama tinggal 5 menit lagi, saya mulai
bersiap-siap mengajar ke kelas IX C, dengan membawa RPP yang sudah saya siapkan
dari rumah, dan sedikit membuka LKS yang
akan saya berikan nanti, saya juga sudah menyiapkan alat-alat berupa potongan
kertas kecil warna-warni yang sudah saya kelompokkan dari rumah.
Bel masuk pun
berbunyi, seperti biasa saya bergegas menuju kekelas dengan penuh semangat
dengan harapan percaya diri anak- anak selalu menanti kedatangan saya, tibalah saya dikelas paling ujung sekolah,
kelas IX C. sesampainya didepan pintu seperti biasa ketua kelas akan menyiapkan
teman-temannya untuk member salam setiap guru yang masuk.” Beri salam.” Ketua
kelas menyiapkan teman-temannya dan kompak semua siswa menjawab” selamat siang
Bu……………..” selamat siang anak-anak” jawabku,” apa kabarnya hari ini ?tetap
semangat? Tanyaku kemudian. Anak-anak pun menjawab.”Okey Bu… “ jawab anak-anak
kompak.
Sebelum saya
sampaikan materi tentang seleksi alam, terlebih dulu saya akan bertanya dan
mengingatkan kembali materi yang telah saya sampaikan kemarin.Dan sedikit demi
sedikit anak saya bawa ke materi yang akan saya sampaikan nanti.
“
Anak-anak hari ini kita akan belajar
tentang seleksi alam, Tahu tidak apa itu proses seleksi alam? Tanya saya
mengawali materi, dan seperti biasa awalnya anak-anak hening, tidak ada suara,akhirnya
saya pun mempermudah pertanyaannya.” Coba bagaimana kalau sebuah mahluk hidup
tidak dapat beradaptasi terhadap lingkungannya apa yang terjadi?” tanyaku
kemudian dan anak-anak pun menjawab “ Punah Bu…, mati ….” Jawab anak-anak
bersahutan.” Bagus…..pujiku pada anak-anak.
Saya pun mulai
mengawali sedikit materi tentang seleksi alam, dan saya singgung sedikit
tentang factor-faktor penyeleksi alam.hingga saya ajak anak-anak untuk
bereksperimen melakukan simulasi tentang seleksi alam. “ nah anak- anak
sekarang kita akan bermain-main sejenak,” Asyik……….” Sontak anak-anak
kegirangan” sebentar-sebentar “ coba tolong bagikan LKS ini kesemua Siswa,”
suruh saya pada salah satu anak. “apakah tugas yang ibu suruh untuk membawa
kertas manila berwarna putih sudah kalian bawa..? Tanya saya pada anak-anak.”
Sudah bu…………” jawabnya kompak. “ kalau begitu nanti kalian bekerja secara
kelompok seperti biasa, dan Ibu sudah menyiapkan kertas warna – warni ada
merah, biru, merah muda dan putih.tugas kalian nanti anggap saja kalian sebagai
predator atau Pemangsa” dan
kertas-kertas ini sebagai mangsa untuk kalian,””Haaa….ha….kelas menjadi ramai
lagi dan anak-anak tertawa. “Sebentar ibu lanjutkan ya….”selaku kemudian.”
sedangkan kertas manila putih sebagai medianya.” Sayapun mulai menerangkan
bagaimana cara kerjanya.” Bagaimana apakah sudah paham..? “ Bingung bu…..?
tiba-tiba salah seorang anak menyela”bu…waktu mengambil kertas-kertasnya secara
acak atau milih warna tertentu….? Seorang anak bertanya pada saya.”ambil secara
acak tidak harus warna merah dulu atau biru dulu, karena setelah tubuh kalian
nanti diputar tentu kalian akan pusing, sehingga kalian bebas memilih terserah
warna apa saja. “ Bu ….semua anak melakukan bu….? Ya……” jawabku. “ Baik sekarang
Ayo berkelompok dan kita mulai agar sedikit luas coba meja dan kursinya digeser
kebelakang.” Saya mulai member intruksi. Sebenarnya kegiatan simulasi seperti ini lebih tepat dilaksanakan di luar ruangan ( lingkungan ) akan tetapi karena benerapa waktu yang lalu hujan sehingga tanah dilapangan belum kering dan memang belum, banyak rerumputan yang tumbuh karena memang tempat kami merupakan sekolah yang baru berdiri 3 tahun yang lalu sehingga tahun ini merupakan tahun lulusan pertama.
Kelas menjadi
sangat ramai…..setiap kelompok ada yang muter-muter, ada yang sebagai pencatat
waktu dan ada juga yang menghitung jumlah kertas –kertas yang terambil. Ramai
sekali anak-anak bergembira, ada yang tertawa, ada yang terjatuh karena pusing
katanya dan lain sebagainya.
Waktupun
berlaku semua siswa rupanya sudah melaksanakan semua dan saya perhatikan mereka
mulai menghitung dan mengerjakan LKS nya. Saya pun berkeliling ditiap kelompok sambil sesekali menjawab
pertanyaan anak-anak jika ada pertanyaan.
Anak-anak
apakah sudah selesai pekerjaanya…? Tanyaku memecah keramaian.” Sebentar Bu….tinggal
kesimpulan yang belum….” Jawab beberapa anak memang seperti biasa anak-anak
susah sekali dalam membuat kesimpulan dari suatu pengamatan.Dan Bebarapa saat
kemuadian merekapun selesai mengerjakan. “ mari kita bahas bersama-sama Coba..
kelompok siapa yang mau maju terlebih dulu…? tak satupun kelompok yang beranjak
dari temapt duduknya.” Bu….majunya bareng-bareng boleh bu….? Tiba seorang siswa
yang tergolong pandai bertanya.” “Boleh……semuanya.” Jawabku kemudian. “baiklah
kelompok 3 silakan maju kedepan.”pintaku kemudian.Hingga akhirnya kelompok
lainpun mulai ada yang berani maju.
Tanpa terasa
waktu tinggal 25 menit lagi…., saya ajak anak-anak untuk menyimpulkan
bersama-sama ternyata mahluk hidup yang berwarna palinng cerah akan lebih mudah
dimangsa oleh mahluk hidup lain dan mahluk hidup yang warnanya sama dengan
lingkungan dapat bertahan dan lolos dari seleksi alam karena tidak dimangsa oleh predator.saya
berikan juga bahwa factor penyeleksi alam itu tidak hanya pemangsa ( predator
)saja, akan tetapi bermacam-macam, bisa makanan, bencana alam, dll.dan mahluk
hidup ayng mampu beradaptasi akan lolos dari seleksi alam dan yang tidak mampu
beradaptasi akan terselksi oleh alam.” demikian keterangan saya.
“ Bagaimana
anak-anak ada pertanyaan mungkin ada yang belum jelas….? Tanyaku mengakhiri belajar
hari ini dan seperti biasa tidak ada anak yang berani bertanya. Kalau begitu
Sekarang tulislah dibuku catatanmu tentang kegiatan hari ini dan kesimpulan
yang telah kita buat bersama tadi.ibu
beri waktu 10 menit.Akhirnya Bel Berbunyi: “ Saatnya istirahat. “ Baik lah
anak- anak pembelajaran hari ini cukup sampai disini Tugas unrtuk kalian
kerjakan Soal uji kompetensi 3 Hal 30.Jangan lupa belajar dan berdo’a.Ya……wassalamu’alaikum
wr.wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar